Minggu, 27 Mei 2012

Listrik Seluruh RI Bisa Mati


Jakarta - Menteri ESDM Jero Wacik mengkhawatirkan pemblokiran kapal pengirim batubara yang dilakukan elemen masyarakat di Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Jika itu terjadi berlarut-larut tak hanya Jawa yang ‘gelap gulita’ tetapi juga seluruh Indonesia.

"Seharusnya pemerintah daerah dengan pemerintah pusat tidak boleh ancam-mengancam begitu (pemblokiran). Kondisi ini pasti ada implikasi yang pada akhirnya akan merugikan Gubernur itu juga dan kita semua," kata Jero Wacik ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (28/5/2012).

Dikatakan Jero, implikasi yang bisa merugikan banyak orang tidak lain adalah, jika batubara dari Kalimantan tidak boleh keluar, pertama listrik di Jawa bisa mati dan di seluruh Indonesia juga, kedua daerah juga akan kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Banyak ruginya kalau batubara dari Kalimantan sampai tidak boleh keluar, satu listrik di Jawa bisa mati, di seluruh Indonesia juga. Kemudian Gubernurnya tidak dapat PAD, kalau tidak dapat PAD rakyat dapat apa," jelasnya.

Maka itu, Jero mengharapkan agar para pimpinan daerah tidak saling ancam mengancam. "Ruginya banyak, kita cari jalan keluar bersama. Saya sudah bicara dengan beberapa gubernur, jadi semuanya tergantung gubernur," katanya.

Walaupun masih berbentuk wacana, Jero mengatakan ada kemungkinan dirinya menambah kuota BBM subsidi untuk Kalimantan, tetapi harus izin dari DPR terlebih dahulu. "Prediksi kita kuota 40 juta kiloliter (KL) akan kurang, kan kita baru ini wacana-wacana, jadi ada kemungkinan kita akan ajukan (tambahan kuota) tapi nanti ada mekanismenya," tandasnya.

Aksi masyarakat di Kalimantan memblokir batubara terjadi karena pemerintah pusat tidak mau menambah kuota atau jatah BBM subsidi yang makin tipis di Kalimantan. Masyarakat Kalimantan lelah harus antre di SPBU untuk mendapatkan BBM subsidi.

Kalo penanganan listrik di indonesia carut marut kaya gini bagaimana Hak dan nasib kita sebagai pelaku/pembayar Listrik setiap hari nya, wah bisa bahaya nih Blog Cari Tau di Blogspot.com gak bisa cari sumber Informasi lagi :( semoga pemerintah berlaku dengan Tetpat, ayo SBY kamu bisa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar